Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Posted on
tips sebelum membeli mobil bekas
tips sebelum membeli mobil bekas

Tips sebelum membeli mobil bekas, Melakukan pembelian mobil bekas dulu sama sekarang itu bedah jauh, bisa di katakan lebih mudah sekarang. Hal ini dikarenakan informasi yang bisa di dapatkan bisa kita lihat hanya melalui ponsel genggam di medsos situs jual beli online, dan anda tidak perlu di repotkan untuk melakukan perjalanan di showroom.

Ada Banyak Pertimbangan yang perlu anda perhatikan ketika membeli mobil bekas, karena hal ini berbeda sekali jika anda membeli mobil baru yang terjamin oleh pabriknya.

Nah, disini saya akan memberikan tips sebelum membeli mobil bekas buat anda semua tentang cara memilih mobil bekas yang tepat, sehingga menghindarkan anda dari mobil bekas rental, bekas tabrakan, mobil lecet, bekas taksi dll baik itu mobil sedan, MPV atau mobil matic dan manual sehingga bisa di pastikan setelah membaca artikel tips sebelum membeli mobil bekas ini anda tidak kecewa setelah membeli mobil bekas tersebut.

Hal pertama yang wajib anda ketahui sebelum memilih dan melakukan pembelian mobil bekas, adalah sebagai berikut :

  1. SpeedometerJangan mudah percaya dengan angka kilometer yang kecil namun usia mobil sudah di atas 3 tahunan bahkan mungkin 5 tahun lebih, karena di era sekarang sudah banyak di jual alat – alat yang bisa di pakai untuk memanipulasi speedometer.
  2. AC MobilNyalakan mobilnya dan pastikan AC dalam kondisi menyala, tunggu sampai mesin memanas kemudian pastikan :
    • AC berbau atau tidak, jika AC mobil berbau debu maka harus ganti filter AC, atau bisa di bersihkan dengan mencuci AC mobil tersebut.
    • Suhu AC Dingin atau tidak , dingin banget atau setengahnya.
    • Kipas pendingin otomatis berfungsi dengan baik atau tidak
  3. Tutup radiator dan tutup mesincek penutupnya, jika warna penutup mesin berwarna hitam dan banyak kotoran
    kemungkinan besar di dalam mesin tersebut sudah tidak bersih lagi atau kotor, Untuk tutup radiator cek juga, jika banyak
    lumpur berwarna coklat berarti radiatornya berlum perbah di bersihkan dan beresiko pada suhu mobil.
  4. Cek mesin, cek bagian bawah mesinKalau ada rembesan oli meisn yang keluar menetes/rembes bisa di sebabkan banyak faktor, kalau ini terjadi pada calon mobil bekas anda sebaiknya cari yang lain.
  5. Body mobilUntuk body mobil anda bisa menyesuaikan dengan selera anda dan yang jelas pilihlah
    yang terbaik untuk anda.

Selain tips diatas sebelum membeli mobil bekas, ada hal lain yang perlu di perhatikan ketika membeli mobil bekas, diantaranya adalah sebagai berikut :

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas

    1. Cari tahu harga mobil yang ingin anda belisupaya tidak tertipu oknum penjual mobil bekas yang nakal, hal yang harus anda lakukan adalah cek harga dahulu sebelum membelinya, bandingkan dengan penjual yang lalin, harganya selisih banyak atau tidak, kalau selisih sedikit asal barangnya bisa lebih bagus berarti itu lebih baik.
    2. Jangan langsung percaya pada si penjualjika anda membeli mobil dari pihak ke 3 sebaiknya jangan percaya langsung dengan apa yang dia katakan. Biasanya penjual hanya melebihkan mobil saja tanpa membicarkan sisi kekurangan mobil tersebut.
    3. SabarUntuk mendapat mobil bekas yang bagus dan berkualita serta harganya tidak mahal atau relatif murah, kuncinya adalah anda harus sabar. Cari informasi sebanyak mungkin tentang mobil bekas incaran anda, simpulkan semua informasi anda dan tentukan hasilnya.
    4. Cek ulang kondisi mesin mobilBuka kap mesin mobil dan periksa apakah ada yang bocor baik dari oli pelumas maupun cairan pendingin.
    5. Cek bagian body mobilperiksa body mobil secara menyeluruh mulai dari warna cat, apakah ada cat yang berwarna belang. jika di dapati demikian ada kemungkinan mobilnya pernah di cat ulang pernah bersenggolan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Dan raba body mobil apakah ada yang bergelombang atau tidak.
    6. Coba kendarai mobilnyaSaat ingin membeli mobil bekas usahakan untuk bisa mengendarainya dan lakukan dengan jalan yang berbeda atau bervariasi kemudian rasakan laju mobilnya nyamankah saat di kendarai. Dengan melakukan ini anda bisa mengetahui jika mendapati kerusakan pada mobil.
    7. Periksalah kelengkapan dokumen mobil bekas yang ingin anda belijangan lupa untuk meminta penjual mobil untuk menunjukkan dokumen mobil yang ingin anda beli mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian dan dokumen – dokumen penting lainnya.

Semoga tips sebelum membeli mobil bekas diatas bermanfaat untuk anda semua, jika da kesalahan dalam menulis kata saya minta maaf, kalau ada yang ingin di tanyakan silahkan kirim melalui kolom komentar di bawah postingan ini.

Gambar Gravatar
seorang pemuda yang gemar otomotif dan teknologi, saya lebih sering menghabiskan waktu dengan membaca update terbaru seputar otomotif dan teknologi dari berbagai macam sumber di google, dan dengan bekal itu saya membagikan pengalaman saya dalam bentuk artikel di situs mesinmobil.com ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *