7 Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Posted on

Mesin mobil anda cepat panas? Mungkin Bagi anda yang memiliki kendaraan mobil, pastinya sering
merasakan mesin kendaraan anda cepat panas atau suhu mesin mobil anda menjadi cepat panas. Jika hal ini terus terjadi pada mobil anda, pastinya anda tidak boleh meremehkan kondisi seperti ini.

7 cara mengatasi mobil cepat panas
7 cara mengatasi mobil cepat panas

kondisi mesin mobil yang panas berlebihan bisa membuat mobil anda berhenti mendadak, dan jika ini terjadi pastinya bisa membahayakan nyawa anda. Sebenarnya kondisi seperti ini terjadi karena mesin mobil anda sudah tua. Tapi masih ada faktor lain yang menyebabkan mesin mobil anda cepat panas. Terus, apasih yang membuat mesin mobil menjadi cepat panas? berikut penjelasan untuk mengatasi masalah seperti ini.

7 Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Cairan Radiator

Salah satu hal yang menyebabkan mesin mobil cepat panas adalah penggunaan cairan radiator yang tidak tepat.
jika anda menggunakan air biasa atau bahkan air sumur untuk mengisi radiator anda, tentu saja hal ini bisa memicu
kotoran yang menumpuk di radiator. Hal ini disebabkan karena banyaknya logam
dan mineral serta unsur – unsur lain yang bisa menyebabkan kerak di radiator.

Nah, saran saya lebih baik anda menggunakan air radiator khusus (coolant) sebagai pengisi radiator. Kalau anda masih saja menggunakan air biasa, anda wajib untuk mengganti air radiator anda secara rutin setiap 5 minggu sekali.

Namun jika anda ingin menggunakan air radiator khusus (coolant) sebagai pengganti air biasa, ada beberapa
hal yang harus anda mengerti. Karena kalau anda menggunakan air radiator khusus (coolant), semua kerak yang anda di mesin radiator mobil anda akan rontok. Sehingga akan membuat mesin radiator anda bekerja kurang maksimal. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda harus membersihkan radiator mobil anda sebelum menggunakan air radiator khusus (coolant) atau lainnya.

Selang Radiator

Penyebab lain yang menyebabkan mesin mobil cepat panas ketika di gunakan adalah kondisi radiator yang bocor. Nah, untuk mengatasi hal ini anda harus cek dulu selang radiator dan pastikan dalam kondisi yang baik dan tentunya tidak tersumbat apapun.

Jika mesin radiator anda mengalami masalah yang cukup serius yang bisa menyebabkan mesin cepat panas, secepatnya anda harus membawa mobil ke bengkel khusus spesialis radiator untuk memperbaiki komponen – komponen radiator mobil.

jika sudah terlanjur parah, sebaiknya ganti mesin radiator mobil anda supaya mesin mobil anda tidak panas lagi.

Sirkulasi Air Radiator Terganggu

Sirkulasi air radiator yang kurang lancar juga menjadi pemicu panasnya mesin mobil anda. Hal ini disebabkan karena penggunaan air radiator yang kurang tepat.

Sehingga menyebabkan kotoran dan kerak menumpuk di dalam. Kerak dan kotoran inilah yang membuat sirkulasi radiator terhambat. Solusinya anda bisa melakukan perawatan teratur pada radiator anda.

Ganti air pada radiator setiap 20.000 KM. Anda juga bisa menggunakan cairan khusus anti karat. Kalau terlanjur parah , ganti kisi – kisi pada radiator anda.

Masalah Kipas Radiator

Penyebab lainnya yang paling sering terjadi adalah kipas radiator bekerja tidak maksimal. Tentunya kipas radiator yang bekerja kurang maksimal bisa membuat sensor switching kesulitan untuk membaca tindakan.

Contohnya seharusnya switching mampu menerima sensor dengan baik dan bisa menyalakan kipas pendingin, namun karena sensornya tidak bekerja dengan seharunya atau mengalami masalah pastinya sensor pendingin juga tidak bisa mendinginkan radiator sebagaimana mestinya.

Untuk itu, pastikan anda memeriksa selalu kondisi kipas radiator, lakukan pembersihan dari debu, kotoran, karat, lumut dan sebagainya.

Kualitas Oli Yang di Gunakan

Oli mobil yang anda gunakan sekarang ini bisa saja menjadi penyebab mesin mobil anda menjadi cepat panas. Oli yang memiliki grade rendah atau kualitas yang jelek bisa membuat mesin anda overheating bahkan mobil anda bisa mati mendadak di jalan. Ini terjadi karena oli tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengurangi panas.

Karena kemampuan oli yang tidak mampu menjaga suhu normal pada mesin mobil, akhirnya membuat oli cepat berkurang. Jika hal ini terjadi, mobil anda tidak bisa bekerja dengan maksimal dan tentunya bisa membuat mesin mobil anda cepat rusak.

Kalau anda tidak ingin hal ini terjadi, maka pilih oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil yang anda miliki. Pastikan juga supaya mengecek secara rutin mesin anda dan pastikan tidak terjadi kebocoran oli.

Termostart Rusak

Penyebab lain yang menyebabkan mesin mobil cepat panas adalah kondisi termostart yang bekerja kurang maksimal. Termostart memiliki peran untuk mengukur suhu yang ada di mesin mobil.

Jika termostart rusak, anda tidak bisa mengetahui kondisi panas dinginnya mesin mobil yang sebenarnya. Nah, jika anda tidak ingin hal ini terjadi maka cek berkala termostart anda dan pastikan dalam kondisi tidak rusak.

 Mesin Mobil: Kadar Oktan BBM Tidak Sesuai

Menggunakan BBM yang tidak sesuai bisa membuat mesin mobil anda cepat panas. Penyebabnya adalah kadar oktan yang tidak sesuai sehingga membuat mobil knocking. Kalau anda membiarkaan ini terus menerus bisa membuat mesin anda cepat panas. Untuk mengatasi masalah ini anda harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi dari mobil anda.

Itulah ketujuh penyebab mesin mobil cepat panas. Kalau anda ingin menghindari hal tersebut rajin – rajinlah melaukan pengecekan secara menyeluruh pada mobil anda. Sehingga jika terjadi kerusakan pada mesin, kita langsung mengetahuinya dan secepatnya akan melakukan perbaikan pada bagian yang rusak tersebut, sehingga hal ini tidak memperparah kondisi mobil anda. Semoga informasi tentang mesin mobil yang saya sampaikan hari ini bermanfaat bagi anda.

Gambar Gravatar
seorang pemuda yang gemar otomotif dan teknologi, saya lebih sering menghabiskan waktu dengan membaca update terbaru seputar otomotif dan teknologi dari berbagai macam sumber di google, dan dengan bekal itu saya membagikan pengalaman saya dalam bentuk artikel di situs mesinmobil.com ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *